Thursday, March 24, 2005

ttg seseorang yang melahirkanku :)

panggilan resminya ibu. tapi aku suka improvisasi dengan memanggilnya mami, emak/mak ato embuk.
dia orang sumenep asli, gak pake' campuran :> meskipun dari seumur hidupnya dah lebih banyak di surabaya daripada sumenep, gaya bicaranya masih pake' gaya sumenep. alus, sopan dan kalem. beda banget ma anaknya :D
sampe detik ini, kalo' aku sedang aleman, aku panggil beliau mami. kalo' laper ganti jadi emak/mak :D rangkaiannya jadi gini: mak maem....
hehehe....
ibuku tuh orangnya... gimana ya....
yang pasti aku bersyukur jadi salah satu anaknya. bahkan kadang aku pikir, kok ibu yang sebaik itu dikasih anak kayak aku yah.... kan aku parah banget. tapi segera kuhentikan pikiran itu, itu urusan Allah. bukan urusanku :>
ibuku kulitnya kuning, gak kayak orang madura di pasar deh.... tapi kalo' pernah ke sumenep, pasti tau bahwa di madura ada juga yang kulitnya kuning :D temen2 yang dah pernah ketemu ibu komentarnya selalu begini: "kok cantik ibumu daripada kamu yan?" :)) gpp deh, brarti tuaku nanti tambah cantik :p aku kan mirip ibuku ;;)

perut ibu
aku betah banget di perut ibu. beliau hamil aku 10 bulan. aku males keluar. enak banget disitu :p mana beratku waktu lahir 4,5 kg :D
skarang, setelah aku punya temen2 yang pernah hamil dan melahirkan, terbayang betapa beban yang ditanggung ibuku selama 10 bulan, sementara mungkin aku asik ngupil di dalamnya. dan betapa susahnya aku keluar, mengingat beratku yang 4,5 kilo itu. duh ibu.... dosaku banyak sekali yah....
dulu, kalo' aku sedang ujian, kepalaku penat. sasaranku adalah perut ibu. aku suka sekali meletakkan keningku di perut ibu. gak peduli seberapa parah bau bajunya ibu karena bis goreng ikan asin. pokoke perut ibu is the best :>

saat aku ujian
sekolah di keluarga kami adalah hal yang sangat penting. nomer dua setelah belajar ngaji dan mengerjakan sholat. maklumlah, kami dari keluarga biasa2 aja. ibu selalu bilang, bahwa beliau gak bisa kasih apa2 untuk kami anak2nya. yang bisa dikasih cuma pendidikan setinggi yang mereka mampu.
ibu sangat paham kebiasaan dan kemalasanku. aku anak terkecilnya ini, sama sekali beda dengan kakak2ku. gak pernah belajar kecuali kalo' mo ujian dan sedang ada pe er. kalo' toh belajar selalu sambil tiduran, dan selanjutnya akan bener2 ketiduran :D tpai ibu gak pernah putus asa ngadepin aku. nyanyiannya selalu memenuhi telingaku kalo' aku kumat malesnya, apalagi disaat2 ujian. seringkali, ditengah2 kesibukannya ngurus rumah, ibu lakukan inspeksi mendadak ke kamarku, curiga kalo'2 aku dah pules ketiduran. tebakan beliau jarang salah sih.... :D
di hari H aku atu kakak2ku ujian. ibu selalu mencium kening kami dan membacakan sholawat seraya membelai punggung kami, memberi semangat dan do'a. di saat aku maupun kakak2ku sedang memeras otak, berpikir keras, membongkar seluruh isi memori untuk menjawab pertanyaan2 kejam dari guru/dosen, ibu selalu sholat di rumah dan mengaji. gak jarang, pas aku pulang dari sekolah, beliau masih mengenakan mukenanya dalam rangka mengaji. duh ibu.... makasih ya bu.... do'amu lah yang sering menyelamatkanku dalam ujian2 yang kuhadapi. bahkan hingga saat ini, hingga saat aku tidak perlu menghadapi ujian sekolah, ibu gak bosen do'ain kami. bahkan aku sering menangkap basah air mata beliau berleleran. saat aku sedang terpukul, kakakku akan menikah, dan saat2 genting lainnya. ibu....

amarah bapak
ibu adalah peredam amarah bapak di hati kami, anak2nya. kalo' bapak marah, ato tidak mengijinkan kami melakukan sesuatu, ibu selalu punya cara menghibur kami dan mengatakan, bapak lakukan semua itu karena sangat sayang pada kami. dulu aku sulit sekali percaya, sekarang aku 100% percaya dengan semua perkataan ibu itu.
ibuku juga jembatan dan penyaring yang hebat. kadang2 kami, anak2 ibu, sering kesulitan dapet ijin dari bapak. dan ibu tau persis mana yang akan bikin bapak kepikiran, dan mana yang gpp bapak tau secara detil. buat ibu, yang penting anak2nya selamat dunia akhirat, tanpa harus merasa terkurung dan terkekang.

pelajaran joged :D
pelajaran nyanyi dan joged pertama, datang dari ibu. gak mungkin datang dari bapak :)) aku masih inget dulu, pas kami bertiga masih kecil, di minggu pagi yang cerah, ibu, aku dan kakak keduaku, kami berbaris ke belakang sambil memegang pinggang yang di depannya, trus berjalan dan berlenggang mengikuti lagu :) what a beautiful moment.

masakan ibu
semua pasti setuju bahwa masakan seorang ibu adalah masakan terhebat di dunia :> menurutku juga begitu. masakan ibuku adalah yang terhebat. blom ada yang kalahkan sop buntut, soto madura, brengkesan, ayam panggang, dsb, dsb (kalo' aku lanjutin, bisa jadi menu resto :p) brengkesan udangnya ibu tuh sebenernya enak, meskipun banyak campurannya :p tapi tetep lebih enak daripada brengkesan udang dimanapun juga yang isinya 100% udang :>

air mata ibu
sering sekali air mata ibuku keluar. terutama di malam, sepertiga malam terakhir. ibu selalu mengeluarkan air mata untuk kami putra putrinya. kapan ibu berhenti menangis bu.... aku gak pengen ibu nangis sedih. tapi jujur aja, aku adalah yang paling sering memaksa keluar air mata ibu. mulai dari proses kelahiranku, pemberontakan2 kecilku, sampe komentar2 lugasku yang terkadang tidak tertahan. ibu.... maafkan aku...

ricky martin dan jacko
apa hubungannya ibuku dengan ricky martin dan jacko ;;)
aku pernah membuat adik sepupuku ngiri (bukan nganan :p) waktu ada clipnya earth song di tipi dan aku panggil ibu untuk nonton. aku bilang ma adikku itu bahwa ibu suka sekali ma earth song. (dan mungkin beberapa lagu jacko lainnya kalo' beliau tau ttg lagu2 itu :D). adikku ngiri karena ibunya ga bisa segaul ibuku :))
trus, aku juga pernah bikin temenku geleng2 waktu aku 'tega' bangunin ibu yang sedang tidur siang, waktu aku tau ada clipnya ricky martin yang la coppa de la vida. wah..... kalo' ga dibangunin bisa sewot :D
ibuku memang selalu gaul. ditengah ke-jaim-annya layaknya ibu2 seusianya, dia menyimpan banyak hal2 yang akan mengejutkan murid2nya yang usia abege. dia pernah bikin murid2nya terpesona waktu dia dengan tenang ngeledek mereka, "kasian.... deh lu...", lengkap dengan gerakan tangannya dari atas ke bawah :)) dan baru2 ini, dia dah bisa beri semangat murid2nya dengan kata2, "bisa geto lho...." :D
begitulah ibuku :D ga pernah ketinggalan jaman, dan dia tetap bisa menjaga keanggunannya :)

sebagai orang madura
ibuku memang lembut, tapi orang madura tetaplah orang madura. harga diri adalah banyak hal. kalo' ada orang berani ganggu harga diri ibu, jangan harap selamat :D
ibu selalu bisa balas langsung dengan telak orang yang sengaja ato ga sengaja menyinggung ibu. dan caranya tuh kadang bikin geli. soale kadang orang yang dibales tuh ga kunjung nyadar kalo' sebenernya dah di ledekin ibu sementara orang2 sekitarnya dah senyam senyum aja :))
meskipun belom pernah terjadi, aku yakin ibu sanggup ngeluarin cluritnya kalo' diperlukan :D

sebenernya banyak banget crita tentang ibuku. dimataku beliau adalah orang yang luar biasa. tapi aku ga cukup berani untuk bilang aku sayang ma ibu. aku merasa blom bisa buktikan sepenuhnya. maafkan aku ibu....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home