Friday, July 20, 2007

manajemen

skarang ini aku memang ada di level manajemen terbawah. bawah banget lah. dah 2 bulan, yang kudapati adalah menguasai anak buah tuh ternyata penting banget. ga kalah pentingnya dengan menguasai ilmunya.
ilmu didapat dari pengalaman dan teori. biarpun teori dah di dapat, dalam prakteknya seringkali sangat2 berbeda. terutama, saat teori yang kupelajari adalah teori2 yang di adopsi dari eropa/amrik, sementara penerapannya di indon. bangsa yang bener2 ga peduli ma teori.
seringkali disini teori blass ga bisa diterapin. dalam masa2 begini, perlu keputusan secepatnya dan setepatnya. bahkan, saat keputusan sudah dibuat dengan secepat dan setepat mungkin, suatu saat masih bisa dipermasalahkan oleh orang lain.
orang lain itu bisa sapa aja. bisa orang yang memang bermaksud baik (alhamdulillah), tp bisa juga orang yang dendam dan cari2 kesalahan, atau bisa juga orang yang memang hobi mancing di air keruh (na'udzubillah).
ttg menguasai anak buah, kalo anak buah ga terkuasai, bisa ditinggal ngibrit. kalo dah gini, repot banget. apalagi kalo pas ada kerjaan yang musti segera diselesaikan.
sementara ini aku masih bertahan dengan teori bahwa anak buah bisa dikuasai tanpa kekerasan. bisa dikuasai dengan menunjukkan full support padanya. meskipun disisi lain, aku merasa itu saja ga cukup. tampak adil juga jadi tuntutan.
sedikit saja tak tampak adil, bisa bikin kecemburuan sosial. dan aku akan kehilangan semua orang :(

0 Comments:

Post a Comment

<< Home