Tuesday, August 09, 2005

ttg buku

hmmm.... :-?
buku yah....
aku blajar baca dari ibuku yang telaten skali ngajarin aku. tapi aku blajar mencintai buku dari 3 orang cowok. bapakku dan 2 orang kakakku.
buku yang kusukai dulu adalah komik donald bebek. trus berkembang jadi tintin, itu semua buku2nya kakak2ku, aku cuma ngikut aja. sampe tiba saatnya aku bisa menentukan buku yang kusuka. aku mulai memilih asterix, smurf, 4As dan semacamnya. tapi sayangnya.... aku blom bisa koleksi, karena memang blom punya uang ndiri (waktu itu aku masih SD). sementara, bapak menganggap komik2 itu ga terlalu bagus untuk perkembangan otak si kecil hehehe..... untungnya tetanggaku punya, jadi deh minjem tetangga :p
alih2 komik, bapakku lebih suka beliin novel remaja semacam lima sekawan, sapta siaga, trio detektif, dan semacamnya. dulu, koleksi kami lumayan lengkap untuk buku2 itu. lima sekawan punya semua seri. trio detektif juga selalu di update. pasukan mau tahu punya cukup banyak, malory towers, si badung, sapta siaga, hardy boys, dll. aku blajar banyak dari buku2 itu. hal2 sepele yang ga akan kudapat di sekolah.
sekarang..... jangan ditanya deh. dah pada ilang2 entah kmana. ada yang minjem trus ga dibalikin dan semacamnya. sayang emang.... tapi begitulah.
sekarang..... aku coba upgrade tintin kami. yang lama dah pada ancur lebur. bayangin aja. tintin itu kami beli dulu pas harganya ga sampe 10ribu. skarang harganya dah 45ribu. memang blom lengkap sih.... tapi lumayan lah. trus aku juga mulai berboros2 beli asterix, smurf dan 4As. untuk yang terakhir ini, aku dapet barang second. gpp lah. yang penting dapet. dapetnya juga kebetulan. pas di milis ada yang nawarin. langsung deh aku samber.
sekarang.... aku mulai berboros2 dengan novel dan buku2 yang menurutku menarik. mulai dari yang religius sampe yang murni novel thok thok thok. koleksi harry potter ku relatif lengkap (hasil ngeret kakak2ku semua :p). dan skarang sedang nunggu yang half blood prince, lord of the rings 3 buku, trus dan brown yang da vinci code dan angels and demons, trus samurai buku 1 dan 2, sidney sheldon: sky is falling (baru berencana koleksi), torey hayden: sheila (berencana koleksi juga), memoirs of geisha.
yang berbau religius ada sejarah rasulullah, lentera hati, la tahzan (bagus banget), trus satu lagi aku lupa judulnya. yang religius dikit banget ya hahaha..... lha wong bacanya ga bisa sekaligus selesai. musti diresapi, dan disaat2 yang memang pas untuk meresapinya :>
nah baru2 ini, ada yang berhasil provokasi aku untuk nyoba buku2 lain. buku2 yang lebih 'berat'. buku sastra :-& such as bukunya kuntowijoyo or pramudya.
aku pernah baca bukunya pramudya yang gadis nelayan. nangis abis :( ga happy ending blass. bener2 menghiba :(
sebenernya torey hayden juga mengharukan. tapi ga semenyayat itu :(
si provokator juga memprovokasiku untuk baca musashi. meskipun musashi ga 'wajib'. tapi toh pas aku ke toga mas kmarin, yang kudapet cuma musashi, kuntowijoyonya ga ada.
jadi ya.... kuntowijoyo tunggu giliran berikutnya :D
pelan2 aku berencana menulis satu2 buku yang pernah kubaca.
dari dian untuk buku :)

3 Comments:

Blogger Rona Nauli said...

Yan, kalau sastra yang gak berat coba Umar Kayam deh...ditanggung enteng tapi berbobot (menurutku :p).

Kalau yang religi kusarankan ke Toga Mas lagi...cari apa ya...oh iya, coba Ayat-Ayat Cinta-nya Habiburahman El Shirazy...te o pe.

10:55 AM  
Blogger dian said...

saran di trima ron. umar kayam dah pernah baca. para priyayi. tapi lupa kumasukkan blog :p

12:36 PM  
Blogger May said...

:(( sejak nikah dan punya anak alokasi waktu membacaku jadi terpangkas kas kas...

1:28 PM  

Post a Comment

<< Home