Tuesday, November 15, 2005

cerita SD

SDku dulu tuh namanya SDN Pakis VIII/375.
aku masuk SD pas masih umur 5,5 tahun. alasan persisnya aku ga tau. yang pasti aku TK kecil dan besar diselesaikan 1 tahun, trus masuk SD. kata ibu sih dia ditawarin kepala sekolahnya, lagian aku dah pengen masuk sekolah, trus ibu juga pengennya aku segera selesai sekolah. biar segera beres urusan2 sekolah anak2nya.
di SD dulu ada anak co yang selalu juara satu. dia tuh temen ngajiku juga, tetangga juga. badannya kecil cengkring. tingginya beda tipis ma aku. tapi biar kecil cabe rawit dia. bahkan anak berantakan yang tinggi gede pun takut ma dia.
pas kelas 6, dia adalah satu2nya sainganku di matematika. sebaliknya, aku adalah saingan terberatnya di matematika :))
ibu bilang, pas aku SD, kalo aku ditanyain orang, pelajaran apa yang paling kusukai, aku pasti jawab pramuka :))
jelas aja, ibuku langsung puyeng ma jawabanku itu.
pas kelas 4 aku dapet penyakit aneh.
sering sekali aku sakit mendadak. pagi2 pas mo brangkat sekolah, ada aja keluhanku. mulai dari pusing sampe sakit perut. pokoke macem2 deh.
alhamdulillah, ibuku mencium gelagat penyakit aneh ini.
matematika!! :D
ibuku langsung mikir2 untuk mengkursuskan aku matematika. tapi aku emoh2 kalo disuruh kursus ma gutu matematika-ku di sekolah. gurunya ajaib. dia selalu bermanis2 muka dengan murid2 yang kursus di dia. dan aku ga pernah ingin jadi salah satu anak yang dimanis2in muka ma dia.
trus ma ibu aku dikursusin ke gurunya mas ayik dan mas wawan. mereka kan sekolah di sekolahan yang berbeda.
nama pak guru itu adalah pak karli.
aku masih inget beliau. meskipun aku ga tau dimana beliau berada. tapi kalo inget beliau, segala doa kebaikan aku ucapkan untuk beliau.
orangnya kurus, matanya cekung sekali. blom terlalu tua menurutku. karena ubannya blom sebanyak ubannya bapak (bapakku emang ubanan sejak muda :p)
pak karli orangnya sabar banget, telaten ngajarin aku. kalo aku ke sekolahnya mas ayik dan mas wawan (tempat aku kursus), aku selalu dikasih sirp merk siropen. baru disitu aku minum sirup semacam itu. soale ibuku ga pernah beli sirup merk itu :))
ada hasilnya.
semua kursus itu ada hasilnya.
kata ibu, pak karli dulu bilang ke ibu bahwa aku bukannya ga bisa, tapi emang males untuk bisa. salah cara pedekatenya aja.
memang sejak itu, matematika adalah pelajaran yang sangat mudah, logis dan menyenangkan buatku.
soale aku ga perlu ngapalin banyak. cukup beberapa angka perkalian. selanjutnya, semua bisa dilogika.
thx pak karli. bapak dah bantu saya menyukai matematika. dasar dari sgala ilmu logika. yang mengantarkan saya jadi insinyur :)

pas SD dulu, aku sering kali jatuh. setiap kali aku main kejar2an ato lari pas olahraga, bisa dibilang, aku pasti jatuh. walhasil, lutut dan sikuku bocel2. bahkan gigiku ada yang patah.
parah deh.
telapak kakiku tuh rata banget. ga ada cekungannya blas. konon, karena itulah aku sering jatuh.
dulu tuh sebenernya, permainan yang paling kusuka adalah benteng2an. tau gak? itu mainan yang terdiri dari 2 kelompok. masing2 kelompok punya benteng dan harus menjaga bentengnya baik2. jangan sampe kosong. trus juga musti kejar2an dan yang terkejar musti jadi tawanan. trus juga musti bebasin tawanan. gitu deh. sebenernya ada aturan2 yang ribet banget kalo ditulis :p
sayangnya, aku sering jatuh, jadi males banget ikut benteng2an.
trus aku suka gobak sodor, trus pande, trus engkle, trus apa lagi yah... :-? dulu sebenernya aku pengen bisa main layangan, kelereng dan patil lele. tapi ga boleh ma mas wawan :( karena aku cewek.

dulu di sekolahku ada pohon beringin. trus disekeliling pohon itu ada tempat untuk duduk2 melingkar disitu. kami suka sekali main2 disitu. beramai2.
ada lagi tempat favoritku. dibawah pohon cemara di pinggir gerbang. dulu di SDku itu banyak pohon cemaranya. trus, pohon cemara paling enak tuh yang ada di samping gerbang (sekarang dah ditembok). karena dibawah pohon itu ada beberapa pohon perdu pendek yang mengelilingi pohon cemara. jadi kami bisa ngumpet dibalik perdu itu dengan tenang.
trus, tempat asik lagi tuh di bawah pohon keres, dipinggir selokan kering. sambil duduk2 disitu, kadang2 aku nemu buah keres yang dah ranum dan menyenangkan untuk dimakan.
aneh, menurutku dulu tuh, buah keres tuh enak banget. selangit. tapi pas aku dah tua, pas di paiton ada pohon keres dengan buah ranum yang berjibun, dan aku memanennya dengan rakusnya, rasanya kok biasa2 aja yah. bahkan aku sempet mikir, aku dulu tuh bodo banget yah, kok doyan keres :D

aku punya kebiasaan jelek pas SD dulu. kebiasaan minta jajannya temenku. soale kan aku ga pernah dikasih uang jajan ma ibu, biar ga jajan sembarangan di sekolah. tapi, namanya juga anak kecil, ga boleh jajan, ya minta temen :p
malu2in sih.... tapi ya sudahlah :p
kmana ya temen2ku dulu....
yang sampe skarang kutau jejaknya adalah ariani. dia adalah sahabatku. orangnya sederhana banget. rumahnya dulu tuh dari bambu. ngontrak pula. kamar mandinya (kalo bisa disebut kamar mandi), ada di luar. cuma terbuat dari sedikit plesteran semen yang diberi dinding2 bambu pendek, sekedar nutup setinggi badan orang dewasa. trus di halaman blakang ada kandang ayamnya. banyak. setidaknya, menurutku saat itu, ayamnya ariani banyak :p
trus, ariani punya pohon tebu. kadang sepulang sekolah aku main ke rumah ariani bentar. trus kalo pas bapaknya ariani ada, aku dikasih tebunya itu. trus aku grogoti. graup graup. asik banget :D
above all, langsung atau tidak langsung, aku banyak blajar dari ariani.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home