Monday, October 10, 2005

samiler, ledeng dan tape

samiler tuh semacam emping, dibuat dari ubi kayu yang direbus, trus dialusin, dicampur bumbu, dicetak bundar tipis2, dikeringkan, digoreng. kalo di madura, namanya kepeng. samiler beda di rasa dengan kepeng. bahkan kepeng sumenep dan pamekasan aja beda. tapi saat ini aku ga pengen crita ttg samiler. aku pengen crita ttg week end-ku.
sabtu pagi, aku sedang bersih2 teras, ibuku bersih2 halaman. trus ada pedagang samiler lewat dan menawarkan dagangannya ke ibu. ibu nawarin aku. aku ga tega liat pak samiler. jadi aku iyain aja.
ibu beli 2 bungkus, masing2 5 keping samiler. tau gak harganya brapa?
1000 rupiah tiap bungkus.
ibu sempet ngobs bentar ma bapak samiler. ibu bilang, samiler itu dibawa dari jawa tengah. si bapak ke surabaya naik kereta. samilernya abis 2-3 hari.
trus tadi pagi, pas brangkat ke kantor, aku liat bapak samiler. dah jauh dari lingkungan rumahku. tapi dia masih jalan kaki. kantong samilernya masih setengah penuh.
ya Allah....
sulit sekali aku bayanginnya. brapa samiler yang bisa dia jual. trus dia haru mengeluarkan biaya makan selama di surabaya. blom lagi nanti untuk ongkos pulang. berapa rupiah yang nanti dia bawa pulang untuk anak istrinya ya?
siang itu, tukang ledeng seperti biasa jalan dengan motornya. teriak2. ledeng.... ledeng.... susah bayangin gimana dia jalan naik motor dengan harga bbm seperti ini. blom lagi cuaca yang panas tak bersahabat.
sorenya, ibu beli tape. dan kata ibu, tape itu dibawa dari pasuruan dengan sepeda si bapak tape.
(ibuku doyan wawancara yah :p)
crita2 itu sangat cukup untuk membuatku ga jadi beli jilbab baru yang kuinginkan. toh jilbabku masih bertumpuk2.
ya Allah....
alhamdulillah....
segala rejeki yang Kau berikan padaku. tak ada satupun yang kurang, bahkan semuanya berlebih. maafkan aku kalo aku sering lupa dan boros. kumohon ingetin aku sekali2, terutama kalo aku dah mulai melenceng.
pak samiler, pak tukang ledeng dan pak tape, cobaan bapak2 adalah rejeki yang sulit. cobaanku justru ada di rejekiku yang mengalir deras. terima kasih bapak2 dah ingetin aku. aku cuma bisa doain bapak2 semoga dilancarkan segala urusan bapak di jalan Allah... amiin...

2 Comments:

Blogger Rona Nauli said...

Amiin :)

Dan bersyukurlah mereka-mereka yang sadar dan peduli :)

1:34 PM  
Blogger imponk said...

Mungkin kalo ditanya, untuk siapakah bapak Samiler (Istilah apa lagi ini? :D) melakukan itu semua? Jawaban yang paling mungkin keluar dari mulutnya adalah untuk anak istri.

Memang begitulah, rasa cinta pada kelarga dan tanggungjawab yang besar, mengharuskan ia untuk berjalan kaki berkilo-kilo, bahkan "lintas daerah". Bagi mereka ini perjuangan untuk hidup. Menghidupi orang-orang yang dicintainya.

Aku jadi inget ibuku sendiri. Ia harus berjalan berkilo-kilo untuk menjual tempe tiap pagi hari untuk membantu ekonomi keluarga. Dan sampe sekarang beliau masih tetap melakoninya.

Tau gak untungnya berapa? Untungnya kadang cuma Rp 500 rupiah. Kadang juga sampe Rp 1500 rupiah. Entah sekarang. Kadang aku juga bertanya soal "keuntungan" dia melakoni itu semua. Udah cukup untuk membantu belanja sehari-hari saja ia sudah senang :)

2:34 AM  

Post a Comment

<< Home