Friday, November 11, 2005

crita lain ttg puci2ku

puciku sayang.... puciku malang.
usianya baru 1 bulan. tapi dah ditinggal induknya :(
masalahnya adalah usianya baru 1 bulan.
11 oktober kmarin mereka lahir. 4 ekor, lucu2 sehat2. apalagi ruru adalah induk kucing teladan. kopen banget ma anak2nya. anak2nya yang pertama, sangat sangat sehat sampe skarang. cenderung terlalu sehat sih :p abis tingkahnya berantakan :))
trus pas sebelum ke sumenep minggu lalu, kami baru sadar bahwa ruru dah semalaman ga pulang. wah aku sempet mikir untuk ga ikutan ke sumenep. mo nungguin kucing. takut kalo kelaparan.
4 bayi puci itu dah ngeong2 histeris. hatiku ikutan histeris. abisnya puci2 itu blom bisa menjilat piring. jadi kalo mo kasih susu musti pake pipet. pipetnya lenyap entah kmana. walhasil, sedotan kupakai pipet.
susah banget nyuapin susu ke bayi kucing yang dah histeris dengan sedotan. musti dicekokin satu2. kalo satu kuangkat, yang lain histeris abis2an. sementara aku tau, susu yang kukasih itu pasti ga seenak susu induknya. biar deh. pokoke kemasukan makanan dulu dikit sebelum kami tinggal sendirian ke sumenep.
aku brangkat ke sumenep dengan setengah hati. antara ga tega dan pasrah sepenuhnya. berharap induknya akan segera pulang.
puci itu mahluk Allah. mati hidup mahluk Allah tuh apa katanya Allah. bukan apakataku. jadi biarlah. yang penting aku dah usaha.
pas pulang dari sumenep, aku ngeri banget. aku ngeri mbayangin apa yang akan terjadi dengan para puci itu.
sesampai rumah, kami disambut dengan histeria puci2 itu.
puci2 ada dalam kardusnya di garasi. tempat biasanya. induknya ga pulang.
aku langsung bikinin susu dan nyuapin puci2 itu dengan sedotan lagi. pelan2 mereka mulai kenal dengan sedotan. sorenya mereka duduk dan mendongak, nunggu sedotan nyampe ke mulut mereka. trus sebagian susu aku taruh di piring tempat biasanya ngasih susu untuk puci. sudah ada yang nyoba menjilat2 susu, meskipun kaki2 kecil mereka ikutan nyemplung juga di piring :))
alhamdulillah sekarang mereka dah bisa minum di piring semua. jadi ga usah tergantung dengan sedotan.
yang jadi masalah adalah kotorannya. kalo bayi puci kan biasanya dijilati induknya, lha ini ga ada yang njilati. mereka sih dah bisa nyari tempat buang hajat. tapi blom bisa bersihin. jadi sekarang puci2 itu joroknya ampun2an.
ada sih yang dah bisa bersihin dirinya sendiri. tapi ada 1 yang cowok, yang sampe skarang ga bisa bersihin dirinya ndiri. mungkin besok mo aku bersihin abis2an. nanti mo beli sarung tangan plastik ah.
yang pasti, abis gini aku musti cek toxo lagi. sejak dulu aku dah tau resiko piara kucing. tapi toh ada orang yang kukenal yang ga pernah piara kucing sama sekali, juga kena toxo sampe ga boleh hamil selama setahun.
jadi, piara kucing bukan intinya. intinya aku musti rajin cek dan segera berobat kalo memang kena.
cek yang dulu sih negatip. kalo ga salah sih di badanku dah ada antibodinya. tapi kalo ngurusin puci kecil lengkap dengan kotorannya kayak gini sih.... aku bener2 musti cek nih :-?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home