Friday, August 12, 2005

samurai

akhirnya samurai buku kedua dah kuselesaikan.

buku kedua ini jauh lebih rumit dari pada buku pertama. bukan dari ceritanya, tapi membacanya. asik sih menurutku. buku ini seperti sulaman yang rumit sekali, dan kalo mau tau sulaman itu seperti apa, kita harus melihatnya dengan teliti dan telaten.
bayangin aja deh, rentang waktunya adalah mulai dari akhir abad 18 sampe dengan pertengahan abad 20. dan pas baca buku itu, aku harus siap melompat2 dari waktu ke waktu. sampe2 aku sering harus buka halaman2 sebelumnya untuk refresh.

Pengetahuan bisa menghambat. Ketidaktahuan justru membebaskan. Tahu kapan untuk tahu dan kapan untuk tak tahu, sama pentingnya dengan pedang yang tajam.

Suzume-no-Kumo

(1434)


samurai buku pertama berkisah ttg bangsawan agung akaoka, okumichi no kami genji, ato biasa dipanggil lord genji. diawali dengan kedatangan 3 misionaris dari amerika, buku ini juga melukiskan pertentangan masuknya budaya barat ke jepang. antara yang pro, kontra dan bijak. aku tambahkan bijak, karena kadang pro ataupun kontra bukanlah best solution dari masuknya budaya. karena kontra hanya akan menghambat kemajuan dan membuat mata buta, sedangkan pro akan membuat kita tampak bodoh dan kampungan.
lord genji dilukiskan sebagai bangsawan yang cukup bijak menghadapi budaya barat. tidak menelan mentah2 tapi dia merasa jepang harus mulai membuka mata akan keterlambatan mereka dengan barat. sikapnya ini yang mendapat banyak pertentangan, bahkan di kemudian hari, akan menyulut pemberontakan oleh panglima kepercayaannya.
lord genji dilukiskan sebagai samurai yang tampak lemah dan flamboyan, dan bisa menutupi kekuatan dia sebagai seorang samurai dengan sempurna. tak ada yang bisa membayangkan bagaimana lord genji menggunakan katana-nya.

Mengetahui masa depan dan mengetahui masa lampau adalah dua hal yang bermakna sama. Apa bedanya mengetahui hal yang tak terelakkan dengan mengetahui apa yang telah terjadi?

Aki-no-Hashi

(1311)


samurai buku kedua, bercerita ttg klan okumichi sebelum dan sesudah masa lord genji. masa lord genji adalah masa titik balik kekuasaan klan okumichi terhadap wilayah akaoka menjadi propinsi (aku lupa namanya :p). dari masa kekuasaan shogun tokugawa hingga restorasi kaisar.
nah dalam buku kedua ini akan dicritakan ttg awal klan okumichi dengan keahlian meramalnya
hingga masa klan ini tak ada lagi.
banyak sekali tokoh disini. bener2 buku yang rumit. apalagi namanya jepang semua. aku agak kesulitan menghapal nama2 mereka, apalagi lengkap dengan gelar dan lokasi2 yang bernama jepang juga. ribet bin rebyek. tapi kerumitan buku ini mengasyikkan :)
aku suka pada saat di suatu bab setting tahun 1311 tiba2 berubah menjadi 1867. sampe2 aku mbayangin, kalo dibuat filmnya pasti asik deh.
aku merasa seperti mengerjakan puzzle. biji2 puzzle itu bertebaran dimana2, dan aku harus menyusunnya satu2 dalam kepalaku, sampe menjadi alur yang tepat dan mudah kumengerti.
asik.
itu aja yang bisa kubilang.
kalo mau selebihnya, baca ndiri ya..... ;)

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

mbacanya di mana? :d

1:34 PM  
Blogger Rona Nauli said...

Nama2nya orang jepang emang aneh bin ajaib buat kita. Lha wong kita bukan orang sono Yan...hehehehe

Kalau mau aku punya lho novel basic sejarah yang cerita tentang lord genji jaman pro-kontra itu panas2nya. lumayan lho...judulnya samurai: kastel awan burung gereja. Mau? ;;)

3:08 PM  

Post a Comment

<< Home